MODEL STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN HARGA
Abstract
Strategi pemasaran merupakan pendekatan yang terencana dan terorganisir untuk mencapai tujuan pemasaran dengan memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Pada penelitian yang menjadi permasalahan utama adalah kondisi persaingan harga yang semakin tinggi. Tujuan penelitian untuk mengetahui model strategi pemasaran, upaya-upaya mendukung model strategi, mengetahui kendala satrategi pemasaran dalam menghadapi persaingan harga pada CV. Tricomsel Gunungsitoli. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan model strategi pemasaran dalam upaya menghadapi persaingan harga pada CV. Tricomsel Gunungsitoli masih belum maksimal dimana hanya menerapkan strategi pemasaran yang sudah umum dilakukan. Upaya-upaya dalam mendukung model strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan harga pada CV. Tricomsel Gunungsitoli dilakukan dengan memahami pergerakan pasar, memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan, melakukan pemantauan dan memberi palatihan bagi karyawan supaya strategi pemasaran berjalan dengan baik, melakukan promosi produk yang menarik, memberi penawaran khusus, atau paket bundel yang menarik bagi pelanggan dan membagikan brosur terkait produk dan memperluas jaringan pasar.
Kata kunci: Strategi pemasaran, pemasaran, harga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.