Peer Review Policy
Publikasi artikel dalam Jurnal Suluh Pendidikan bergantung pada validitas ilmiah dan koherensi sebagaimana dinilai oleh editor dan / atau para peninjau sejawat kami, yang juga akan menilai apakah tulisan tersebut dapat dipahami dan apakah karya tersebut merupakan kontribusi yang bermanfaat bagi bidang tersebut. Jurnal Suluh Pendidikan mengakui upaya dan saran yang dibuat oleh pengulasnya untuk meningkatkan substansi naskah/manuskript yang akan di terbitkan.
Evaluasi Awal Naskah
Editor pertama-tama akan mengevaluasi aspek administratif semua naskah yang dikirimkan. Meskipun jarang, namun layak untuk menerima naskah yang luar biasa pada tahap ini. Mereka yang ditolak pada tahap ini tidak cukup orisinal, memiliki kelemahan ilmiah yang serius, atau berada di luar tujuan, fokus dan skope Jurnal Suluh Pendidikan. Mereka yang memenuhi kriteria minimum diteruskan ke tim reviewer untuk ditinjau aspek substansi artikel tersebut.
Jenis Ulasan Sejawat
Naskah yang dikirim umumnya akan ditinjau oleh dua hingga tiga pakar yang akan diminta untuk mengevaluasi apakah naskah tersebut ilmiah dan masuk akal, apakah naskah tersebut duplikat karya yang sudah diterbitkan, dan apakah naskah tersebut cukup jelas untuk diterbitkan. Metodenya adalah double blind review.
Tinjau Laporan
Peninjau diminta untuk mengevaluasi tentang:
- Validitas,
- Kesalahan (istilah maupun prosedur),
- Rancangan percobaan,
- Metodologi yang digunakan oleh penelitian yang dilaporkan,
- Signifikansi dan pentingnya temuan,
- Originalitas dan implikasi di lapangan,
- Referensi yang hilang, tidak akurat dan terbaru,
- Memiliki hasil / temuan yang disajikan dengan jelas dan mendukung kesimpulan, dan
- Mengikuti pedoman etika yang sesuai.
Peninjau tidak diharapkan memperbaiki atau menyalin naskah. Koreksi bahasa bukan bagian dari proses review.
Keputusan
Peninjau menyarankan editor, yang bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak artikel. Editor akan mencapai keputusan berdasarkan laporan ini dan, jika perlu, mereka akan berkonsultasi dengan anggota Dewan Editorial. Keputusan editor bersifat final.
Menjadi Reviewer
Jika saat ini Anda bukan pengulas/reviewer untuk Jurnal Suluh Pendidikan tetapi ingin ditambahkan ke daftar pengulas, silakan hubungi kami melalui nomor kontak (WA) yang tersedia atau mendaftar pada https://forms.gle/b8vcbfpaSNisBKzs8. Manfaat dari peninjauan/reviewer untuk Jurnal Suluh Pendidikan merupakan kesempatan untuk melihat dan mengevaluasi pekerjaan terbaru di bidang penelitian terkait pada tahap awal, dan untuk diakui dalam daftar pengulas/reviwer kami. Anda juga dapat mengutip pekerjaan Anda untuk Jurnal Suluh Pendidikan sebagai bagian dari persyaratan pengembangan profesional Anda dan juga Institusi Anda.
.
JSP: Jurnal Suluh Pendidikan, E-ISSN : 2714-7037, P-ISSN: 2356-2595 Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen. Setiap manuskript artikel penelitian yang dikirim (submitted) ke JSP akan direview secara double-blind review. Proses review selama dua hingga tiga minggu.