PERANAN BRAND AWARANESS DAN STRATEGI MARKETING MIX MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

  • Krisnawati Mendrofa Universitas Nias
  • Emanuel Zebua Universitas Nias
  • Eliagus Telaumbanua Universitas Nias
  • Meiman Waruwu Universitas Nias
Keywords: Brand Awaraness, Marketing Mix, Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, peran brand awareness (kesadaran merek) dan strategi marketing mix dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen menjadi sangat penting bagi kelangsungan dan kesuksesan sebuah perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data kualitatif yaitu wawancara dan dokumentasi. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Marketing Mix dengan indikator yaitu produk, harga, tempat, promosi dan Keputusan pembelian dengan indikator yaitu kebutuhan, publik, manfaat, sikap orang lain dan kepuasan. Sistem pemasaran dengan strategi marketing mix di Transcom Superstore yaitu product (produk), price (harga ), place ( tempat), promotion (promosi). Faktor yang dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen adalah proses yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan pengelolaan informasi untuk membantu individu atau organisasi dalam membuat keputusan yang lebih baik terkait pembelian produk atau layanan. Tujuan utama dari pengelolaan keputusan pembelian adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam membuat keputusan pembelian. cara meningkatkan keputusan pembelian konsumen di Transcom Superstore melibatkan berbagai faktor, termasuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan konsumen. pandangan publik, manfaat produk, sikap orang lain dan kepuasan. Dari temuan peneliti diatas, maka dapat disimpulkan dengan penerapan Brand Awaraness dan Strategi Marketing Mix meningkatkan keputusan pembelian konsumen di Toko Transcom Superstore Kota Gunungsitoli.

 Kata Kunci: Peranan Brand Awaraness, Strategi Marketing Mix, Keputusan Pembelian Konsumen

Published
2024-03-29

Most read articles by the same author(s)