A Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Descriptive Text Bahasa Inggris Siswa Kelas VII-A Dan VII-B SMP Negeri 2 Parbuluan
Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Descriptive Text Bahasa Inggris Siswa Kelas VII-A Dan VII-B SMP Negeri 2 Parbuluan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi berbagai kesalahan gramatikal berdasarkan Surface Strategy Taxonomy dan frekuensi kemunculannya serta untuk mengetahui berbagai macam problematika siswa ketika menulis teks dalam bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif dengan instrument berupa tes tertulis berbentuk esai dan kuesioner. Teks deskriptif berbahasa Inggris yang ditulis oleh siswa kelas VII-A dan VII-B merupakan objek dari penelitian ini. Teks-teks tersebut kemudian dianalisis berdasarkan teori Surface Strategy Taxonomy yang dikemukakan oleh Dulay. Dari hasil analisis teks, peneliti menemukan 4 jenis kesalahan gramatikal yang sesuai dengan teori Dulay. 4 jenis kesalahan tersebut berupa Omission (68.31%), Addition (9.6%), Misformation (8.45%), dan Misordering (2.11%). Berbagai macam problematika yang dihadapi siswa ketika menulis diantaranya adalah lemahnya pemahaman tentang tenses, lemahnya penguasaan vocabulary, pemilihan leksikal yang tidak tepat dalam kalimat, dan penyusunan struktur kalimat yang salah dalam teks. Dalam hal ini, siswa masih menuliskan teks dengan memakai struktur kalimat bahasa asli atau bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Kesalahan Gramatikal, Deskriptif Teks, Surface Strategy Taxonomy
ABSTRACT
This study revealed the types of grammatical error based on Surface Strategy Taxonomy theories found on students’ descriptive text and their tendency of occurrence in the texts and to reveal the students’ problems in writing English texts. This study employed the combination of qualitative-quantitative design. Essay test and questionnaire were the main instruments for this study. Students’ descriptive texts were then analyzed based on Dulay’s theory of Surface Strategy Taxonomy. There were 4 grammatical errors found on students’ texts. Those are Omission (68.31%), Addition (9.6%), Misformation (8.45%), and Misordering (2.11%). In writing English text, students face some serious problems related to low grammar mastery, low vocabulary mastery, incorrect lexicon selection, and mother-tongue like sentence pattern. Those weaknesses create so many errors in writing English texts. Due to that, the students need to learn and practice more in writing English text.
Key words: Grammatical Analysis, Descriptive Text, Surface Strategy Taxonomy
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.