The Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Universitas HKBP Nommensen Medan.

  • Elisabeth Ruthana Lasmaria Universitas HKBP Nommensen Medan/ 081376750552

Abstract

Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Universitas HKBP Nommensen Medan.

 

Elisabeth R L Sinaga, Yessica E Sinabariba Universitas Quality Berastagi elisabethandrew28@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran contextual teaching learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di Universitas  HKBP  Nommensen  Medan,  sekaligus untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan  metode  penelitian experiment yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 69 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas X MP A berjumlah 36 mahasiswa dan kelas X MP B berjumlah 33 mahasiswa. Dalam pelaksanaannya kelas X MP A menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas X MP B menjadi kelas kontrol. Pengumpulan data berupa hasil tes  belajar  yang  dilaksanakan  sebelum dan setelah proses pembelajaran (pretest dan posttest). Proses kegiatan belajar mengajar kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran CTL sedangkan kelas kontrol dengan  menggunakan  strategi  pembelajaran  ceramah (konvensional) pada pembelajaran bahasa inggris.

Hasil belajar pada kelas  kontrol  yang  menggunakan  strategi pembelajaran ceramah (konvensional) memperoleh hasil  kurang  memuaskan.  Hasil belajar tersebut dapat ditunjukkan dengan perolehan mean 75,03. Hasil  belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL memperoleh hasil lebih baik. Hasil belajar tersebut dapat  ditunjukkan  dengan  mean 81,44, modus 86 dan median 83, serta nilai tertinggi 97, sedangkan nilai terendahnya 60. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t

independent sample test menunjukkan bahwa ttabel < thitung (1,664 < 3,167) pada taraf kesalahan 5%. Selisih persentase kenaikan dari pretest ke posttest juga lebih

besar kelas ekperimen dengan 50,64% dan kelas kontrol dengan 41,48%. Jadi sumbangan efektif penggunaan model pembelajaran CTL sebesar 9,16%. Dengan demikian, dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL  dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran ceramah (konvensional).

 

 

Kata Kunci : CTL, Prestasi Belajar,Bahasa Inggris

Published
2020-03-26
Section
Articles