The Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Universitas HKBP Nommensen Medan.
Abstract
Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Universitas HKBP Nommensen Medan.
Elisabeth R L Sinaga, Yessica E Sinabariba Universitas Quality Berastagi elisabethandrew28@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran contextual teaching learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di Universitas HKBP Nommensen Medan, sekaligus untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 69 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas X MP A berjumlah 36 mahasiswa dan kelas X MP B berjumlah 33 mahasiswa. Dalam pelaksanaannya kelas X MP A menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas X MP B menjadi kelas kontrol. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (pretest dan posttest). Proses kegiatan belajar mengajar kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran CTL sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan strategi pembelajaran ceramah (konvensional) pada pembelajaran bahasa inggris.
Hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran ceramah (konvensional) memperoleh hasil kurang memuaskan. Hasil belajar tersebut dapat ditunjukkan dengan perolehan mean 75,03. Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL memperoleh hasil lebih baik. Hasil belajar tersebut dapat ditunjukkan dengan mean 81,44, modus 86 dan median 83, serta nilai tertinggi 97, sedangkan nilai terendahnya 60. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t
independent sample test menunjukkan bahwa ttabel < thitung (1,664 < 3,167) pada taraf kesalahan 5%. Selisih persentase kenaikan dari pretest ke posttest juga lebih
besar kelas ekperimen dengan 50,64% dan kelas kontrol dengan 41,48%. Jadi sumbangan efektif penggunaan model pembelajaran CTL sebesar 9,16%. Dengan demikian, dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran ceramah (konvensional).
Kata Kunci : CTL, Prestasi Belajar,Bahasa Inggris
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.