PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (FACEBOOK) SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA SURYA FOTO STUDIO DI KOTA GUNUNGSITOLI

  • Yufisman Bu'ulolo Universitas Nias
  • Yuterlin Zalukhu Universitas Nias
  • Nov Elhan Gea Universitas Nias
  • Serniati Zebua Universitas Nias

Abstract

Perkembangan bisnis fotografer pada saat ini semakin meningkat dari tahun ke tahun di Indonesia. Persaingan bisnis ini semakin ketat, terlihat dari semakin banyak usaha-usaha fotografer yang sudah semakin banyak di setiap daerah. Setiap usaha studio berusaha untuk meningkatkan kualitas dan strategi dalam mempromosikan produk dan jasa mereka. Seperti halnya Surya Foto Studio yang  merupakan salah satu usaha yang memiliki banyak produk dan juga jasa foto di Kota Gunungsitoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial (Facebook), Sebagai Media Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Surya Foto Studio Di Kota Gunungsitoli. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Responden adalah Masyarakat yang pernah berkunjung/merasakan produk dan jasa dari Surya Foto Studio sebanyak 38 orang. Dimana peneliti mengunakan angket, kemudian melakukan uji validitas data, uji reliabitas data, uji asumsi klasik (uji normalitas), ujinregresi linear berganda, uji hipotesis ( uji t, uji f, uji koefisien) Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial (Facebook), Sebagai Media Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan  Pada Surya Foto Di Kota Gunungsitoli, memiliki nilai sebsar 72,6% dan 27,4% dipengaruhi oleh fator lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji t terkait pengaruh media sosial (X1) terhadap    Volume penjualan  (Y) diketahui bahwa media sosial berpengaruh       signifikan terhadap volume penjualan. Hasil tersebut dapat diketahui dengan melihat perolehan dari hasil uji t, dimana nilai sig sebesar 0,000. Nilai sig yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan nilai t hitung sebesar 4,072 lebih besar dari 0,320  (4,072 > 0,320 ). Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya media sosial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan.

Kata Kunci : media sosial, media promosi, volume penjualan

Published
2025-03-20