Pengaruh Distribusi Logistik Terhadap Kepuasaan Pelayanan Pelanggan Pada PT. Pos Indonesia Persero Kota Gunungsitoli

  • Roni Dermawan Zebua Universitas Nias
  • Jeliswan Berkat Iman Jaya Gea Universitas Nias
  • Serniati Zebua Universitas Nias
  • Martha Surya Dinata Mendrofa Universitas Nias

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di PT. Pos Indonesia Gunungsitoli, memeneliti tentang distribusi logistik dan kepuasan pelanggan di PT. Pos Indonesia Gunungsitoli dimana peneliti menemukan beberapa fenomena- fenomena atau permasalahan yang terjadi yaitu tingkat akurasi dan ketepatan waktu dalam pengiriman paket yang banyak dikeluhkan oleh pelanggan, tingkat layanan dan kinerja pegawai yang tidak maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah ada Pengaruh Distribusi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pos Indonesia Kota Gunungsitoli dan seberapa besar pengaruh Distribusi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pos Indonesia Kota Gunungsitoli. Responden sebanyak 40 orang. Sedangkan pada pengujian analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis koefisien korelasi, koefisien determinan, dan uji hipotesis. Hasil pengujian tersebut dengan bantuan program SPSS Version 26, Hasil perhitungan Uji Reliabilitas Variabel X adalah 0,847 > 0,60 dan Variabel Y sebesar 0,999 0,60 sehingga dapat dinyatakan reliable dar pada Uji Koefisien Determinan (R Square) menunjukkan nilai sebesa 0,55, yang berarti bahwa nilai determinasi apabila di persenkan berac pada nilai 55% nilai variabel distribusi terhadap variabel kepuas pelanggan.

Kata Kunci : Distibusi Logistik Dan Kepuasan Pelanggan

Published
2025-03-20