ANALISIS GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GIDO

  • Ernita Humendru Universitas Nias
  • Amin Otoni Harefa
Keywords: Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti selama melaksanakan program magang di SMP Negeri 1 Gido dan ditemukan bahwa prestasi belajar matematika siswa masih dibawah KKM dan adanya perbedaan gaya belajar serta kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan hubungan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar, angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar matematika. Banyaknya populasi pada penelitian ini yaitu 292 dengan sampel yaitu 292 orang yang di ambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada hipotesis pertama, nilai Zhitung (3,04) > Ztabel (1,96). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang mana semakin tinggi tingkat gaya belajar siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa begitu pun sebaliknya. Pada hipotesis kedua, nilai Zhitung (4,09) > Ztabel (1,96). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang mana semakin tinggi tingkat motivasi belajar siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa begitu pun sebaliknya. Pada hipotesis ketiga, nilai Zhitung (2,41) > Ztabel (1,96). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang mana semakin tinggi tingkat gaya belajar siswa maka semakin tinggi motivasi belajar siswa begitu pun sebaliknya. Pada hipotesis keempat, nilai Fhitung (23,29) > Ftabel (3,02). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan besar koefisien determinasi = 0,146. Kedua variabel bebas bersama-sama memiliki hubungan dengan variabel terikat dengan persentase 14,6%.

Published
2023-09-14
Section
Articles