PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 HILIDUHO
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dikuasai oleh siswa disekolah. Namun kenyataannya siswa SMP Negeri 2 Hiliduho masih megalami hambatan dalam memecahkan masalah matematis karena proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 2 Hiliduho. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Auditory Intellectually Repetition (AIR).Tahap pertama pada model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) adalah Auditory berarti belajar dengan mendengar, tahap kedua yaitu Intellectually berarti menunjukkan apa yang siswa lakukan di pikiran mereka ketika mereka menggunakan kecerdasan untuk memikirkan pengalaman dan membuat koneksi, makna, rencana dan nilai dari pengalaman dan tahap ketiga yaitu Repetition adalah pengulangan yang berarti pendalaman, perluasan dan penguatan dengan cara mengajar siswa melalui tugas atau kuis. Selanjutnya, hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis, yaitu thitung = 11,30 dan ttabel = 1,68. Karena thitung = 11,30 > ttabel = 1,68, maka tolak Ho dan terima Ha, yang berarti: “Ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembalajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.