Pengaruh Pemberian Ekstrak Alpukat terhadap Kadar Kolesterol Total Tikus Wistar Jantan Obesitas

  • Kristian David Pasaribu Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen
  • Runggu Retno Justiani Napitupulu Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen
  • Jenny Novina Sitepu Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen
Keywords: avocado (Persea americana), total cholesterol, Wistar rats, obesity

Abstract

Latar Belakang : Obesitas adalah keadaan dimana lemak terakumulasi berlebihan dalam tubuh yang sering disertai tingginya kadar kolesterol total darah. Buah alpukat (Persea americana) mengandung omega-9 dan vitamin yang dapat  menurunkan kadar kolesterol total darah.

Tujuan : Melihat pengaruh pemberian ekstrak alpukat terhadap penurunan kadar kolesterol total darah pada tikus Wistar jantan obesitas.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain true experimental pretest-posttest with control group. Subjek penelitian adalah 32 ekor tikus wistar jantan obesitas yang sudah memenuhi kriteria Lee ( IMT > 0,3). Subjek dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Pemeriksaan kadar kolesterol total pre-test dilakukan sebelum perlakuan sedangkan posttest dilakukan setelah perlakuan. Kelompok perlakuan diberikan esktrak alpukat, sementara kelompok kontrol tidak diberikan. Analisis data menggunakan uji T berpasangan dan tidak berpasangan untuk melihat perbedaan kadar kolesterol total  pada kedua kelompok.

Hasil : Hasil penelitian didapati IMT rerata kelompok perlakuan 0,4763 dan IMT rerata kelompok kontrol 0,4831. Rerata kadar kolesterol kelompok perlakuan pretest 104,58mg/dL dan posttest 85 mg/dL. Kemudian kelompok kontrol pretest 101,68 mg/dL dan posttest 98,56 mg/dL. Pada kelompok perlakuan didapati perbedaan signifikan pada rerata kadar kolesterol total pretest dan posttest dengan nilai p = 0,000 (p<0,05). Dijumpai perbedaan rerata kadar kolesterol total posttest pada kelompok perlakuan lebih rendah dari pada kelompok kontrol, dengan nilai p = 0,001 (p<0,05).

Kesimpulan : Pemberian ekstrak alpukat menurunkan kadar kolesterol total darah tikus Wistar jantan obesitas.

Kata Kunci : Alpukat (Persea americana), kolesterol total, tikus wistar, obesitas.

Published
2022-02-28
How to Cite
Pasaribu, K., Napitupulu, R., & Sitepu, J. (2022). Pengaruh Pemberian Ekstrak Alpukat terhadap Kadar Kolesterol Total Tikus Wistar Jantan Obesitas. Nommensen Journal of Medicine, 7(2), 27-30. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/njm.v7i2.604

Most read articles by the same author(s)