PENGARUH KUALITAS PENDIDIKAN, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENDAFTAR PADA SMK PELAYARAN PANCASILA KARTASURA-SUKOHARJO PROVINSI JAWA TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pendidikan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan mendaftar pada SMK Pelayaran Pancasila Kartasura-Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. Pelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas 10 yang berjumlah 66 siswa dan sampel sejumlah 66 responden dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang memuat 28 pernyataan dan dokumentasi berupa data siswa selama 3 tahun terakhir. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pendidikan dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mendaftar pada SMK Pelayaran Pancasila Kartasura sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mendaftar pada SMK Pelayaran Pancasila Kartasura. Secara simultan variabel kualitas pendidikan, promosi, dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan mendaftar pada SMK Pelayaran Pancasila Kartasura. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah menambah variabel independen dalam model penelitian misalnya harga, kualitas layanan, status akreditasi, dan citra sekolah sehingga dapat diperoleh hasil penelitian terkait dengan faktor yang mempengaruhi keputusan siswa mendaftar sekolah.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.