Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Covid-19 Di SDN Se-Kecamatan Kubung Kabupaten Solok
Abstract
Meningkatkan mutu pendidikan pada masa Covid-19 perlu dilakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Namun belum semua lembaga pendidikan yang menjalankan manajemen pembelajan untuk meningkatkan mutu pendidikanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana manajemen pembelajaran yang dilakukan di SDN se-Kecamatan Kubung kabupaten Solok, melalui metode kualitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN se-Kecamatan Kubung dengan swampel SDN14 Salayo, SDN 22 Koto Baru dan SDN 11 Gantung cirri, dengan 3 orang kepala sekolah, 9 orang tenaga pendidik dan 3 orang peserta didik pada tahun pelajaran 2019/2020. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa covid-19 di SDN se-Kecamatan kubung, pada tahap perencanaan pembelajaran kepala sekolah dan tenaga pendidik melihat kurikulum yang akan dipergunakan serta membuat perangkat pembelajaran, namun masa Covid-19 tibanya dipertenganhan semester, maka SDN se-Kecamatan Kubung tidak mengadakan perubahan kurikulum, hanya saja mengganti materi pembelajaran yang menggunakan praktek dan menghilangkan kegiatan ekstrakurikuler. Serta menentukan metode pembelajaran daring dan luring, kemudian pengorganisasian pembelajaran dilakukan dengan pengelompokkan pendidik dan peserta didik yang hadir kesekolah serta pembagian mareti yang akan diberikan kepada pesertya didik. Pelaksanaan pembelajaran tetap ada kegiatan pembuka, inti dan penutup walaupun pembelajaran dilakukan secara daring dan luring serta evaluasi pembelajaran dilakukan kepada peserta didik dengan memberikan ujian tulis berupa soal objektif, esai dan isian serta ujian secara lisan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.