PENGARUH KEMAMPUAN GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 2 PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR
Abstract
Kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya mencapai tujuan organisasi yang bersangkutan secara legal tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral dan etika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan guru dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sifat penelitian adalah explanatory research yang menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan varabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir yang berjumlah 30 orang( PNS dan Non PNS), dan semua populasi ini diobservasi dalam penelitian ini (sensus). Data dikumpulkan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi dan variabel-variabel yang diteliti menggunakan skala likert. Daftar pertanyaan terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20.0, dan dianalisis dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan regresi linear berganda. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemampuan dan kecerdasan emosional secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir, dan secara parsial kemampuan dan kecerdasan emosional sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir dan kecerdasan emosional merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.