PENGARUH KEMAMPUAN GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 2 PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR

  • Enny Juliana Pelita Naibaho SMP Negeri 2 Pangururan

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya mencapai tujuan organisasi yang bersangkutan secara legal tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral dan etika. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan guru dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif  dengan sifat penelitian adalah explanatory research  yang menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan varabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir yang berjumlah 30 orang( PNS dan Non PNS), dan semua populasi ini diobservasi dalam penelitian ini (sensus). Data dikumpulkan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi dan variabel-variabel yang diteliti menggunakan skala likert. Daftar pertanyaan terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20.0, dan dianalisis dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan regresi linear berganda. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemampuan dan kecerdasan emosional secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir, dan secara parsial kemampuan dan kecerdasan emosional sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir dan kecerdasan emosional merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir.

Published
2022-09-26
Section
Articles