A PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN TIP IN DENGAN UNDER THE BASKET SHOOT TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEDAN TAHUN 2020

basketball

  • andi nur abady STOK Bina Guna
  • devi catur winata STOK Bina Guna
Keywords: tip in, under basket, power

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan tip in dengan under the basket shoot terhadap peningkatan power otot tungkai Pada Siswa putra ekstrakulikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment. Dengan pelaksanaan latihan yaitu tip indan under the basket shoot.

Populasi adalah seluruh siswa putra ekstrakulikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020 yang berjumlah12 orang. Jumlah sampel 10 orang diperoleh dengan teknik purposive random sampling, selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik matching pairing yaitu kelompok latihan tip indan under the basket shoot.Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dengan tes dan pengukuran yaitu tes vertical jump untuk mengetahui power otot tungkai. Penelitian dilaksanakan selama 6 (enam) minggu dengan latihan 3 (tiga) kali dalam seminggu. Untuk melihat pengaruh masing masing variabel bebas maupun terikat digunakan perhitungan statistic uji- t berpasangan dan uji t tidak berpasangan.

Analisis hipotesis pertama dari data pre-test dan data post-test peningkatan power otot tungkai dalam permainan bola basket pada kelompok latihan tip in diperoleh t­hitung  sebesar 2,76 serta ttabel sebesar 2,13 dengan =0,05 (t hitung > t tabel) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, latihan tip in berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan  power otot tungkai dalam permainan bola basket Pada Siswa putra Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020.

Analisis hipotesis kedua dari data pre-test dan data post-test peningkatan power otot tungkai dalam permainan bola basket pada kelompok latihan under the basket shoot diperoleh t­hitung  sebesar 2,52 serta ttabel sebesar 2,13 dengan =0,05 (t hitung > t tabel) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, latihan under the basket shoot berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan power otot tungkai dalam permainan bola basket Pada Siswa putra Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020.

Analisis hipotesis ketiga dari perhitungan rata- rata dan simpangan baku diperoleh harga t­ hitung  sebesar 1,17 serta ttabel sebesar 1,86 dengan =0,05  (thitung <ttabel) berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, latihantip in tidak lebih besar pengaruhnya dari pada latihan under the basket shoot artinya latihan under the basket lebih besar pengaruhnya dari pada latihan tip in terhadap peningkatan power otot tungkai dalam permainan bola basket Pada Siswa putra Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020.

 

Kata Kunci : tip in, under basket, power

Published
2022-03-31
Section
Articles