The Prespektif Dosen Universitas Quality Berastagi mengenai Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran

  • Yessica Elisabeth Sinabariba Universitas Quality Berastagi
Keywords: Prespektif Dosen, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prespektif dosen mengenai efektivitas pembelajaran daringdi lingkungan Universitas Quality Berastagi. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Apakah pelaksanaan pembelajaran daring terbukti efektif? 2) Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring?

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah dosen di lingkungan Universitas Quality Berastagi. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring kurang efektif. 2) Kelebihan pembelajaran daring adalah waktu belajar fleksibel, siswa lebih dekat dengan orang tua,rsiswa tidak bergantung pada dosen dan melatih mahasiswa lebih mandiri. Sedangkan kekurangan pelaksanaan pembelajaran daring adalah dosen tidak dapat berinteraksi langsung dengan siswa, dan tdk dapat mengetahui keseluruha karakteriskti mahasiswa serta tidak stabilnya jaringan internet.

Published
2022-03-31
Section
Articles