Manajemen Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Olimpiade Sains Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan sejauh mana manajemen strategis kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi olimpiade siswa di SMA Unggulan CT Foundation Deli Serdang. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subjek penelitian sebanyak 66 orang, masing-masing 19 guru pembimbing olimpiade dan 47 siswa olimpiade dengan 9 bidang keilmuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program-program unggulan untuk meningkatkan prestasi olimpiade sains siswa sebagian besar dilakukan oleh kepala divisi dan seluruh guru pembimbing olimpiade yang dibentuk dalam rapat penyusunan rencana strategis, (2) program-program yang sudah dilakukan oleh pihak-pihak terkait untuk meningkatkan prestasi olimpiade sains siswa sudah sangat baik, yaitu mulai melaksanakan proses seleksi siswa olimpiade, menyusun jadwal dan mengkoordinir pelaksanaan klub minat bakat olimpiade, memantau perkembangan akademik siswa olimpiade, hingga membuat evaluasi mengenai pelaksanaan olimpiade dan memberikan laporan berkala setiap minggu kepada wakil kepala sekolah, (3) pelaksanaan program sekolah membutuhkan peran serta warga sekolah dan pihak terkait, baik internal maupun eksternal, dan (4) prestasi belajar siswa berupa perolehan medali dan penghargaan lainnya sebagai hasil bahan evaluasi dan pemberian nutrisi dan rekreasi sebagai bentuk apresiasi dari sekolah.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.