PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS VIII MTs. Al – MUSLIHUN NW MENSEH TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair share) terhadap kemampuan menelaah unsur kebahasaan pada teks biografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII MTs. Al-Muslihun Menseh tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas VIII-a dan kelas VIII-b. Kelas VIII-b ditentukan sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah dan kelas VIII-a ditentukan sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan TPS (think pair share). Racanganan penelitian yang digunakan adalah “The Post-Test Only Control Design”. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kognitif untuk meningkatkan prestasi belajar. Hasil penelitian untuk kelas eksperimen adalah ( =73,50), dan untuk kelas kontrol adalah = 52,90). Hasil uji normalitas diperoleh x2hitung < x2tabel yaitu 6,77<11,070 untuk kelas eksperimen dan 3,30 < 11,070 untuk kelas kontrol. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel, yaitu 0,68 < 1,96. Maka data yang diperoleh dikatakan terdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan perumusan Uji-t. Hasilnya thitung > ttabel, yaitu 5,00 > 1,68, sehingga hipotesis alternatif (Ha) Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Kemampuan Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Biografi Siswa Kelas VIII MTs. Al-Muslihun NW Menseh Tahun Pelajaran 2018/2019 diterima.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.