EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 HILIDUHO TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Modul ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran atau rancangan pembelajaran yang berlandaskan pada kurikulum yang berlaku yang diaplikasikan dengan tujuan untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan jenis penilitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul ajar, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket.Responden dalam penelitian ini ialah 11 guru yang menggunakan modul ajar dan informan peneliti adalah 5 orang siswa kelas VII. Analisi data yang digunakan dengan rumus P=F/NX100%. Metode keabsahan data menggunakan metode validitas logis. Penggunaan modul ajar pada kurikulum merdeka kelas VII Di SMP Negeri 2 Hiliduho berada dalam kategori efektiv / baik, baik secara pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, proses belajar mengajar komunikatif, respon peserta didik,aktivitas belajar, dan hasil belajar. Dapat dilihat berdasarkan presentase angket efektivitas penggunaan modul ajar secara keseluruhan yaitu 80,60% berada pada rentang 70%-90%.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.