EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 HILIDUHO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Inne Febriyanti Gea Universitas Nias
  • Bezisokhi Laoli Universitas Nias
Keywords: Efektivitas, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Modul ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran atau rancangan pembelajaran yang berlandaskan pada kurikulum yang berlaku yang diaplikasikan dengan tujuan untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan jenis penilitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul ajar, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket.Responden dalam penelitian ini ialah 11 guru yang menggunakan  modul ajar dan informan peneliti adalah 5 orang siswa kelas VII. Analisi data yang digunakan dengan rumus P=F/NX100%. Metode keabsahan data menggunakan metode  validitas logis.  Penggunaan  modul ajar  pada kurikulum merdeka kelas VII Di SMP Negeri 2 Hiliduho berada dalam  kategori efektiv / baik, baik secara pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, proses belajar mengajar komunikatif, respon peserta didik,aktivitas belajar, dan hasil belajar. Dapat dilihat berdasarkan presentase angket  efektivitas  penggunaan  modul    ajar secara keseluruhan yaitu 80,60% berada pada rentang 70%-90%.

Published
2025-01-12