PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDEKATAN CONTEKSTUAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SOMOLOMOLO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Agusmawati Lawolo Universitas Nias
  • Arianto Lahagu Universitas Nias
  • Eka Septianti Laoli Universitas Nias
  • Yearning Harefa Universitas Nias
Keywords: Modul Pembelajaran IPS, Berbasis Pendekatan Contekstual

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran IPS, bahan ajar yang dimiliki oleh sekolah dalam kegiatan proses pembelajaran sangat kurang, tidak adanya modul pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu: a) untuk mengetahui kelayakan isi, bahasa, dan desain modul, b) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan modul, c) untuk mengetahui tingkat efektifitas modul pembelajaran IPS. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrument yang digunakan  adalah angket validasi  untuk validator ahli isi dan materi, ahli bahasa, dan ahli media, angket respon untuk peserta didik. Analisis data diperoleh dengan mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari setiap validator, guru mata pelajaran, dan peserta didik. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada aspek kelayakan isi dan materi adalah 97%  dengan total skor 92. Pada kelayakan isi dan materi oleh guru mata pelajaran  mendapatkan 95% dengan total skor 92. Passda kelayakan bahasa mendapatkan 96% dengan total skor 61. Dan pada kelayakan desain mendapatkan 100% dengan total skor 80, sehingga dinyatakan sangat valid. Sedangkan untuk respon peserta didik untuk uji perseorangan mendapatkan 75% dengan total skor 45. Uji kelompok kecil mendapatkan 91,6% dengan total skor 110. Sedangkan untuk respon peserta didik uji lapangan mendapatkan 91,1% dengan total skor 565 dan dinyatakan sangat praktis. maka, dapat disimpulkan bahwa modul IPS yang dikembangkan  sangat layak untuk  sebagai bahan ajar IPS.

Published
2025-01-12