MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI UPTD SMP NEGERI 4 GUNUNGSITOLI UTARA

  • Erawan Darma Ziliwu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias
  • Yulisman Zega Universitas Nias
  • Yakin Niat Telaumbanua Universitas Nias
  • Netti Kariani Mendrofa Universitas Nias
Keywords: Analisis, Minat Belajar Matematika, Faktor yang Mempengaruhi.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada temuan bahwa adanya indikasi minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika yang rendah  dari hasil wawancara dengan siswa dan guru dan didukung oleh observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dan juga mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika berdasarkan indikator minat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar matematika.  Populasi dan sampel dalam penelitian adalah kelas VII berjumlah 62 orang yang diambil menggunakan  sampling total dengan teknik sensus. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa minat belajar matematika di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli Utara masih tergolong rendah. Meskipun rata-rata persentase hasil angket yang telah disebarkan yaitu 58% dan berada pada kriteria ”Cukup”. Jika ditinjau dari gander siswa, siswa laki-laki memiliki tingkat minat belajar matematika yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa perempuan hal ini dapat dilihat pada persentase hasil angket yang diperoleh dimana siswa laki-laki memiliki persentase 54,9% dengan kriteria ”Rendah” sedangkan untuk perempuan memiliki persentase 61,1% dengan kriteria ”Cukup”. Hal ini menjadi bukti bahwa  minat belajar siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan minat belajar siswa laki-laki di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli Utara.  Faktor yang paling berpengaruh pada tingkat minat belajar matematika siswa baik itu secara umum, maupun beredasarkan gander yaitu indikato ”Ketertarikan Siswa” disebabkan disetiap pengolahan data indikator ini selalu memiliki persentasi dibawah 55% dan termasuk pada kriteria ”Rendah”. Sehingga dapat disimpulkan bawah faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa adalah rendahnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran matematika.

Published
2024-03-21

Most read articles by the same author(s)