PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR
Abstract
Pendidikan merupakan upaya untuk menjadikan kehidupan warga negara menjadi lebih cerdas. Pendidikan memegang peranan yang sangat strategis dalam  meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan cita-cita nasional. Penalaran berpikir merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Responden dalam penelitian ini berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning menunjukan bahwa siswa lebih aktif dalam belajar sehingga mampu meningkatkan kemampuan bernalar dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, dan transkrip wawancara.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.