PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR

  • selestinus hulu Universitas Nias
  • Putra Halawa Universitas Nias
  • Erenu Gea Universitas Nias
  • netti mendrofa Universitas Nias
Keywords: kemampuan penalaran siswa, matematika, model problem based learning

Abstract

Pendidikan merupakan upaya untuk menjadikan kehidupan warga negara menjadi lebih cerdas. Pendidikan memegang peranan yang sangat strategis dalam  meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan cita-cita nasional. Penalaran berpikir merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Responden dalam penelitian ini berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning menunjukan bahwa siswa lebih aktif dalam belajar sehingga mampu meningkatkan kemampuan bernalar dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, dan transkrip wawancara.

Published
2024-03-21