PERBEDAAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KONSEP MATEMATIS
Abstract
Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 Gunungsitoli yakni pemahaman konsep matematis siswa yang masih kurang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 3 Gunungsitoli, dengan populasi penelitian adalah kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian diambil secara random sampling, kelas yang yang menjadi sampel penelitian adalah kelas IX-A sebagai kelas eksperimen I , dan kelas IX-B sebagai kelas Eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian dan terdiri dari tes awal dan tes akhir. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung =2,089 dan ttabel= 2,000. Karena thitung = 2,089 tidak terletak PADA interval -2,000 ≤ t ≤ 2,000, maka tolak H0 dan terima Ha, yang berarti: “Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rata- rata pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli”.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.