PERBEDAAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KONSEP MATEMATIS

  • Dewi puspita sari gea Universitas Nias
  • Amin Otoni Harefa
Keywords: Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning),Model Pembelajaran Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 Gunungsitoli yakni pemahaman konsep matematis  siswa yang masih kurang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 3 Gunungsitoli, dengan populasi penelitian adalah kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian diambil secara random sampling, kelas yang yang menjadi sampel penelitian adalah kelas IX-A sebagai kelas eksperimen I , dan kelas IX-B sebagai kelas Eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk tes  uraian dan terdiri dari tes awal dan tes akhir. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung =2,089 dan ttabel= 2,000. Karena thitung = 2,089 tidak terletak PADA interval -2,000 ≤ t ≤ 2,000, maka tolak H0 dan terima Ha, yang berarti: “Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rata- rata pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli”.

Published
2024-03-21
Section
Articles