PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SERTA LINGKUNGAN HIDUP (K3LH)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam penguasaan materi. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan bahan ajar modul berbasis project based learning pada materi keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup (k3lh) di SMK Negeri 1 Sitolu Ori sehingga layak, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain/Perancangan), Development (Perancangan), Implementation (Implementasi), dan evaluation (Evaluasi). Modul K3LH yang dikembangkan melalui tahap uji validitas oleh tiga validator (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain), respon guru, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan yang dilakukan di kelas X BKP SMK Negeri 1 Sogaeadu dan di kelas X DPIB SMK Negeri 1 Sitolu Ori telah teruji valid dan layak oleh validator ahli materi pada revisi III 100%, validator ahli bahasa pada revisi II 100%, dan validator ahli desain pada revisi II 99%. Kepraktisan modul pada uji perorangan sebesar 93%, respon guru mata pelajaran sebesar 93%, uji kelompok kecil sebesar 94% dan uji coba lapangan 96% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas modul juga telah teruji angat efektif dengan persentase ketutasan klasikal mencapai 91 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka modul berbasis project based learning pada materi keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup (K3LH) di Kelas X SMK Negeri 1 Sitolu Ori yang telah dikembangkan dengan model ADDIE telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.