PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan modul berbasis inkuiri pada mata pelajaran gambar teknik. Sehingga layak, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancang (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Modul Gambar Teknik yang dikembangkan melalui tahap uji validasi oleh tiga validator (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain), uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan yang dilakukan di kelas X DPIB SMK Negeri 1 Mandrehe Barat telah teruji layak oleh validator ahli materi. Pada validasi ahli materi di Validasi oleh dua validator yang pertama validasi ahli materi oleh Dosen Pendidikan Teknik Bangunan pada revisi II 100%, yang kedua validasi ahli materi oleh Guru Mata Pelajaran Pada revisi I 92%, validator ahli bahasa pada revisi II 100%, dan validator ahli media pada revisi II 100%. Kepraktisan modul pada uji perorangan sebesar 92%, uji kelompok kecil sebesar 94% dan uji coba lapangan 96% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas modul juga telah teruji sangat efektif dengan persentase ketutasan klasikal mencapai 82%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.