PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam penguasaan materi. Dilakukan penelitian dengan menggunakan bahan ajar modul berbasis Discovery learning pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Mandrehe Barat sehingga layak, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze Design, Development, Implementation, dan evaluation. Modul Gambar Teknik yang dikembangkan melalui tahap uji validitas oleh ahli materi, ahli materi GMP, ahli bahasa, dan ahli desain. uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan yang dilakukan di SMK Negeri 1 Mandrehe Barat telah teruji valid dan layak oleh validator ahli materi pada revisi II 100%, validator ahli materi GMP pada revisi I 90%, validator ahli bahasa pada revisi II 100%, dan validator ahli desain pada revisi II 100%. Kepraktisan modul pada uji perorangan 89%, uji kelompok kecil 91% dan uji coba lapangan 92% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas modul juga telah teruji sangat efektif dengan persentase 91 %. Berdasarkan hasil penelitian, maka modul berbasis Discovery learning pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Negeri 1 Mandrehe Baret yang telah dikembangkan dengan model ADDIE telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.