PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROSEDUR MENGGAMBAR ANGGKA, HURUF DAN ETIKET PADA GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 SITOLU ORI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Demonstration belum optimal diterapkan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Menggambar Angka,Huruf Dan Etiket Pada Gambar Teknik dan hasil belajar siswa hanya sebatas mencapai KKM yaitu 70.Tujuan penelitian:(1)Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Demonstration pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Menggambar Angka,Huruf dan Etiket Pada Gambar Teknik di SMK Negeri 1Sitolu Ori Tahun Pelajaran 2022/2023, dan (2) Untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa pada Kompetensi Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Menggambar Angka,Huruf dan Etiket Pada Gambar Teknik di SMK Negeri 1Sitolu Ori Tahun Pelajaran 2022/2023.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sitolu Ori dengan subjek penelitian siswa kelas X-DPIB yang berjumlah 12 orang.Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar pengamatan proses pembelajaran (responden guru), lembar pengamatan keaktifan siswa, dokumentasi foto, dan tes kegiatan praktek siswa.Hasil penelitian: (1) Pada siklus I (Pertama) rata-rata persentase pengamatan dalam proses pembelajaran (responden guru) yaitu 55,55%, rata-rata persentase pengamatan keaktifan siswa yaitu 48,95%, rata-rata hitung hasil belajar yaitu 60 dengan persentase ketuntasan siswa 25% dan hasil ini belum mencapai target yang telah ditetapkan yaitu 70. (2) Sedangkan pada siklus II (dua) rata-rata persentase pengamatan dalam proses pembelajaran (responden guru) yaitu 83,33%, rata-rata persentase pengamatan keaktifan siswa yaitu 81,23%, rata-rata hitung hasil belajar siswa yaitu 85,20 yang dikategorikan baik dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 100% dan telah mencapai target yang ditetapkan yaitu 70.Dari temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Demonstration pada mata pelajaran Gambar Teknik Kompetensi Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Menggambar Angka, Huruf dan etiket Pada Gambar Teknik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Sitolu Ori.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.