Analisis Kesiapan Guru Matematika dan Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP di Kecamatan Gunungsitoli
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum merdeka SMP di Kecamatan Gunungsitoli yang sudah mulai diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023 khususnya di kelas VII. Guru dan siswa dalam hal ini masih belum memiliki pemahaman dan kesiapan tentang sistem penerapan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran, karena masih terpengaruh dengan sistem pembelajaran pada kurikulum 2013 yang belum sepenuhnya terlaksana dengan baik di sekolah, ini menyebabkan guru dan siswa kewalahan dalam mempersiapkan dan menyesuaikan diri agar bisa menjalankan kegiatan pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian untuk menganalisis Kesiapan Guru Matematika dan Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP di Kecamatan Gunungsitoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 9 SMP di kecamatan Gunungsitoli dengan jumlah informan penelitian sebanyak 15 guru dan 714 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket kesiapan guru matematika dan siswa, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kesiapan guru matematika dalam penerapan kurikulum merdeka SMP di kecamatan Gunungsitoli berdasarkan rata-rata persentase angket kesiapan guru matematika secara yaitu 78,93% berada pada rentang 76%-90% dengan kategori siap, dan kesiapan siswa dalam penerapan kurikulum merdeka SMP di kecamatan Gunungsitoli berdasarkan rata-rata persentase angket kesiapan siswa keseluruhan yaitu 75,96% berada pada rentang 61%-75% dengan kategori cukup siap.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)).
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.