Pengaruh Model Pembelajaran Small Group Discussion terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Muara Tahun Pembelajarn 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Muara Tahun Pembelajarn 2015/2016“. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanaan dalam 4 tahapan yang lazim dilalui dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Berdasrkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Muara Maka peneliti menyimpulkan bahwa metode Small Group Discussion dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sejarah, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar Sejarah siswa Kelas XI IPS.1 SMA Negeri 1 Muara Tahun Ajaran 2015/2016 dimana terjadi peningkatan setelah diterapkan metode Small Group Discussion dalam proses pembelajaran materi Dampak Pengangguran terhadap Pembangunan Ekonomi. di setiap siklusnya, yaitu pada Tahap Pra-siklus siswa yang tuntas hanya sebesar 26% meningkat Menjadi 43,3% di siklus II dan Meningkat Lagi menjadi 86,6% di siklus III.