Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan

  • Simon Panjaitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa Semester II T.A 2018/2019 Semester Ganjil. Sampel penelitian eksperimen Grup C. Instrumen yang digunakan adalah post test kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa dengan bentuk essay dan lembar observasi terhadap kegiatan mahasiswa dengan model pembelajaran berbasis proyek. Perhitungan  persamaan regresi . Dari uji kelinearan regresi kemampuan pemecahan masalah diperoleh Fhitung  = - 0,717 dengan nilai Ftabel= 2,42 sehingga Fhitung< Ftabel atau  -0,717  < 2,42 maka H0 diterima. Untuk uji keberartian regresi kemampuan pemecahan masalah diperoleh Fhitung= 34,207 dengan nilai Ftabel= 4,16 sehingga Fhitung > Ftabel atau 34,207 > 4,16, maka H0 diterima. Untuk uji koefisien korelasi kemampuan pemecahan masalah diperoleh  dan keberartian koefisien korelasi kemampuan pemecahan masalah diperoleh thitung= 5,863 dan ttabel= 2,04 sehingga thitung > ttabel atau 5,863 > 2,04  maka H0 diterima. Untuk uji koefisien determinasi diperoleh . Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Sehingga diharapkan model pembelajaran berbasis proyek  dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa.

Published
2019-08-22