Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Pada Pola Bilangan di Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan
Abstract
Di SMP Negeri 10 Medan, dilakukan penelitian eksperimen semu tentang evektivitas problem based learning model terhadap keterampilan berpikir kreatif matematis siswa dilakukan kepada sampel siswa kelas delapan belas dari dua kelas yang dipilih secara acak. Lembar observasi siswa dan esai berpikir kreatif merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini menunjukkan bahwa data memiliki distribusi normal. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada test mempunyai nilai average = 85,3, sedangkan pada kelas kontrol mempunyai nilai average = 49,6. dengan memperhatikan nilai (sig). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pola bilangan di Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan dipengaruhi oleh problem based learning model. Dapat disimpulkan bahwasanya problem based learning model lebih efektif dibandingkan model konvensional untuk keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pola bilangan di Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan berdasarkan nilai average keterampilan tersebut.
References
Nurmudi. (2020). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 73–84. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i2.499
SUKARYANA, I., Candiasa, M., & Widiartini, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalahterhadap Prestasi Belajar Matematika DenganKovariabel Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pariwisata PGRI Dawan Klungkung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 4(1), 207282. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1230

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.