Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan Di SMP Negeri 3 Sorkam Barat

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Safitri M. Manalu
Keywords: Model Pembelajaran Number Head Together

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kesebangunan di SMP Negeri 3 Sorkam Barat tepatnya di kelas IX, jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment, metode kuantitatif. kelas eksperimen pada peneilitian ini adalah kelas IX-1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IX-2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi, berdasarkan hasil penelitaian yang dilakukan maka di dapat data hasil nilai posttest kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai asymp.sig.(2-tailed) 0,006 pada tarafsignifikan 5%. Maka dari data yang diperoleh dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan lebih tinggi dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kesebangunan di SMP Negeri 3 Sorkam Barat dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

References

Ansari,Bansu Irianto. 2003. MenumbuhkembangkanKemampuanPemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMU Melalui Strategi Think Talk write. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husna, M. & Fatimah, S. 2013. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang,1(2):81-92
Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368.
Marbun, J., & Sinaga, S. J. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3299–3305.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006. 2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.
Rasmita,N. 2018. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kela IX SMP N 3 Batusangkar. Skripsi: institut agama islam negeri batusangkar
Yuaidah, R. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 209–214.
Published
2022-10-20