Pembelajaran dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Matematis dan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Materi Segitiga

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Dian Nopitasari Purba
Keywords: Model Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Matematis, Kemampuan Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi siswa. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Adhyaksa Medan dengan sampel yang terdiri dari 26 orang yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta respon angket siswa. Dari hasil analisisndapat dinyatakan bahwa (1) ada pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman matematis siswa (2) besar pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap   pemahaman matematis siswa sebesar 94,59% (3) ada pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi (4) besar pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi sebesar 68,34%.

References

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). 301729-Hubungan-Kemampuan-Pemecahan-Masalah-Mat-598F71E9. 1(2), 82–91.
Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Ripki, A. J. H. (2020). Eksperimentasi Pembelajaran E-Learning melalui Google Classroom dan Pembelajaran Langsung pada Materi Segitiga terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 1–7.
Harahap, T. D., Husein, R., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Berpikir Kritis. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 972–978. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.462
Oktaviansa, W. A., & Yunus. (2013). Pengaruh model pembelajaran CTL ( Contextual Teaching and Learning ) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMKN 1 Sidoarjo. Jptm, 02(01), 34–43.
Paedagoria, S. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD NU Al Falah Gajah Baureno Bojonegoro. 2, 215–225.
Pratama, A. S., Lexbin, M., & Judah, E. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 317–322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.317-322
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Sidik, G. S. (2016). Analisis Proses Berpikir Dalam Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Pemberian Scaffolding. Jpsd, 2(2), 192–204.
Sinaga, S. J. (n.d.). Berpikir Kreatif dengan Discovery Learning dan Direct Instruction. 01(02), 16–27.
Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). kemampuan komunikasi matematis siswa SMP di kampung Paledang Suci Kaler pada materi segiempat dan segitiga. PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 373–384.
Tambunan, H. (2021). Dampak Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Resiliensi, Literasi Matematis Dan Prestasi Matematika Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 70–76.
Published
2022-10-20