Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Teresia Br Pakpahan
Keywords: Problem Posing, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan pengambilan sampel secara simple random sampling dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen (VIII-1) dan kelas kontrol (VIII-3). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil hitungan pada kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan pemecahan masalah memiliki nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan pemecahan masalahnya memiliki nilai rata-rata . Nilai ini akan dibandingkan dengan nilai (sig.) lalu ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik antar kelas dapat disimpulkan model pembelajaran problem posing memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemapuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang.

References

Aisyah, P. N., Nur, S. U. N. K., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SMP pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7202
Bernard, M., Mariam, S., Nurcholis, R., Azhar, E., Miatun, A., Suryani, M., Heriyanti, L., & Artia, T. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar. 8(1), 77–83.
Gultom, S. P., & Situmorang, A. S. (2019). Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Stindo Profesional, V(September), 53–63. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=QmE2LbUAAAAJ&citation_for_view=QmE2LbUAAAAJ:IjCSPb-OGe4C
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Situmorang, A. S. (2015). Metode Pembelajaran John Dewey Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. 2(September).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Warmi, A. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 297–306. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.384
Published
2022-10-20