Kemampuan Guru Membangun Minat dan Motivasi Belajar Siswa dalam Matematika

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Hardi Tambunan
Keywords: Kemampuan, Minat, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kemampuan guru matematika dalam membangun minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di enam sekolah negeri dan swasta pada siswa kelas 8 SMP di Medan, dan sampel diambil secara acak sebanyak 245 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket, dan analisis data dengan analisis deskriptif. Berdasakan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru matematika membangun minat belajar siswa adalah kategori cukup. Kemampuan guru matematika membangun motivasi belajar siswa adalah kategori cukup

References

Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to Measurement Theory. Monterey: Brooks /Cole Publishing company
Asrori, M. (2012). Psikologi pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Putri, B.B. A, Muslim, A, & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5 (2), 68-74
Djamarah, S. B. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Federici, R. A., et al. (2016). Students’ Perceptions of Teacher Support, Numeracy, and Assessment for Learning: Relations with Motivational Responses and Mastery Experiences. International Education Studies, 9(10), 1-15.
Güler, G., & Çiltaş, A. (2011).The Visual Representation Usage Levels of Mathematics Teachers and Students in Solving Verbal Problems. International Jounal of Humanities and Social Science, 1 (11), 145-154.
Guvendir, M. A. (2016). Students’ Extrinsic and Intrinsic Motivation Level and Its Relationship with their Mathematics Achievement. International Journal For Mathematics Teaching and Learning, 17(1), 1-21.
Lestari, P. N. P. P., Ardana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2022). Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar di Masa Pandemi. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya , 16(1), 40-51
Nurhafizah., Sripatmi., Subarinah, S., &Hayati, L. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 1-10
See, S, & Novianti, C. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1212-1218.
Sevilla, C. G. et. al (2007). Research methods. Quezon City: Rex Printing Company.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sukada, K., dkk. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-11.
Sumantri, M. S., & Whardani, P.A. (2017). Relationship Between Motivation to Achieve and Professional Competence in the Performance of Elementary School Teachers. International Education Studies, 10(7), 118-125.
Tambunan, H. (2018). The Dominant Factor of Teacher’s Role as a Motivator of Students’ Interest and Motivation in Mathematics Achievement. International Education Studies, 4(4), 144-151.
Tambunan, H. (2020). Kinerja Guru Matematika SMP dalam Membangun Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 108-117.
Yulianingsih, L. T., & Sobandi, A. (2017). Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajeman Perkantoran, 2 (2), 157-165.
Yusuf, H. O., & Dada, A. A. (2016). Impact of Teachers’ Qualification and Experience on the Performance of Students’ in Colleges of Education in Kaduna State, Nigeria. The Online Journal of Quality in Higher Education, 3(2), 52-61.
Published
2022-10-20