Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Power point Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Methodist 9 Medan T.P. 2021/2022

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Henni Kamelia Tumanggor
Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis, Pendekatan Mathematics Realistic Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantu media power point terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Methodist 9 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian One Shoot Case Study. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes, lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantu power point efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pelaksanaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantu power point efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

References

Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1). https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159
Aqib, Z. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. CV Yrama Widya.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!daya_serap!07&01&999!T&03&T&T&1&!3!&
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Naibaho, T., & Sitepu, S. (2020). EasyChair Preprint Students’ Ability to Determine Algabar Function Declaration by Learning Cooperative Models, Numbered Heads Together (NHT) Type.
Napitupulu, T. A., Simanjorang, M. M., & Mulyono, M. (2022). Perbedaan Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematik Siswa yang Diajar Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Cabri 3-D. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 761–770. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1283
Pramestika, L. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Power point Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.610
Tambunan, H. (2014). Jurnal Saintech Vol. 06 - No.02-Juni 2014. Jurnal Saintech, 06(4).
Trianto. (2011). Mendesain Pembelajaran Inovatif-progesif: Konsep Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Penerbit Kencana.
Wahyuddin, W., & Nurcahaya, N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/10.22373/jppm.v2i1.4500
Published
2022-10-20