Efektivitas Pendekatan Open-Ended Dengan Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.P. 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.P. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel total sampling, diperoleh sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dilihat dari: 1)Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Open-Ended dengan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) lebih baik daripada siswa di kelas kontrol. 2) Persentase siswa yang tuntas belajar pada kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Open-Ended dengan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) adalah >=70%
References
Heris, H., & Utari, S. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT Refika Aditama.
Hidayat, F., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP Terhadap Materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515523. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106
Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 6271.
Irawan, T. A., Rahardjo, S. B., & Sarwanto. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 21, 232236. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/11418/8103
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Khairani, F. E. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 62. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Putri, K. C., & Sutriyono, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295306. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.358
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, S. (2015). Efektivitas Pendekatan Open Ended dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. UNY.
Tanjung, M. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Researchgate.Net, May, 13. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4249/3457
Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), 153158.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.