Efektivitas Pendekatan Open-Ended Dengan Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.P. 2022/2023

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Rinniwati Sinaga
Keywords: Efektivitas, Open Ended, Student Teams Achievment Division, Kemampuan berfikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.P. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel total sampling, diperoleh sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dilihat dari: 1)Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Open-Ended dengan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) lebih baik daripada siswa di kelas kontrol. 2) Persentase siswa yang tuntas belajar pada kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Open-Ended dengan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) adalah >=70%

References

Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 116126. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4631
Heris, H., & Utari, S. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT Refika Aditama.
Hidayat, F., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP Terhadap Materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515523. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106
Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 6271.
Irawan, T. A., Rahardjo, S. B., & Sarwanto. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 21, 232236. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/11418/8103
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Khairani, F. E. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 62. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Putri, K. C., & Sutriyono, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295306. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.358
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, S. (2015). Efektivitas Pendekatan Open Ended dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. UNY.
Tanjung, M. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Researchgate.Net, May, 13. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4249/3457
Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), 153158.
Published
2022-10-20