Pembelajaran Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipahutar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 1 Sipahutar. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen dengan populasi seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Sipahutar. Sampel dalam penelitian terdiri dari 1 kelas (n=30). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji F. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1). Ada pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa (2). Besar pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah 12,88% (3). Ada pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning tehadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (4). Besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah 12,53%.
References
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Atikah, N. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di MTS N 2 Padang Sidimpuan. Journal Article.
Azizah, L. I. R., Sugiyanti, S., & Happy, N. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(4), 30–36. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3853.
Indahsari, A.T., Fitrianna, A.Y. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaiakn SPLDV . JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2 (2), 77-86.
Meylisa, N.dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran GroupInvestigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Malang.
httpjurnal-online.um.ac.id data artikel.
Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keyakinan Matematis Siswa. Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12.
Ningsi, A. K., Angraini, & Sukayasa. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(1), 38–50. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/267.
Ruchaedi, D. R., & Suryadi, D. 2016. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah Dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitaif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Tambunan, H. 2018. The Dominant Factor of Teacher’s Role as a Motivator of Students Interest and Motivation in Mathematics Achievement. International Education Studies, 11(4), 144-151.
Tambunan, H. 2020. Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Strategi Heuristik. Sepren, 1(02), 28-33.
Ulva, E. 2019. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan. 2, 944–952.
Wahdan, A. W., Mulyani, S., & Suwarsi, E. R. 2017. Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 129–137. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.