Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi SPLDV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media edmodo efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 7 Medan yang terdiri dari 6 kelas, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 dan kelas VII- 5 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi pada saat penelitian Covid-19 maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan Cluster Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-4) dan sebagai kelas kontrol (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan penalaran matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan penalaran matematis mempunyai nilai rata-rata
References
Hutagalung, Tia Basana (2021). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi System Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Free Methodist 1 Medan. Skripsi. Medan: Program Sarjana Universitas HKBP Nommensen Medan
Sari, Normalita Isna (2019) “Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Siswa dalam Pembelajaran Matematika”. Majalah Imliah Himpunan.
Sudjana (2016) Metode Statistika. Bandung: Tarsito

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.