Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi SPLDV

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Paham Tua Saragih
Keywords: media pembelajaran, media edmodo, kemampuan penalaran matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media edmodo efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 7 Medan yang terdiri dari 6 kelas, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 dan kelas VII- 5 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi pada saat penelitian Covid-19 maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan Cluster Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-4) dan sebagai kelas kontrol (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan penalaran matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan penalaran matematis mempunyai nilai rata-rata

References

Balasubramanian, Kandappan & Jaykumar, Leena N. K. (2014) Student Preference Towards The Use Of Edmodo As A Learning Platform To Create Responsible Learning Environment. Prosiding, Asia Euro Conference. Selangor : School of Hospitality, Tourism and Culinary Arts, Taylor’s University.
Hutagalung, Tia Basana (2021). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi System Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Free Methodist 1 Medan. Skripsi. Medan: Program Sarjana Universitas HKBP Nommensen Medan
Sari, Normalita Isna (2019) “Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Siswa dalam Pembelajaran Matematika”. Majalah Imliah Himpunan.
Sudjana (2016) Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Published
2022-10-20