Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Rosaulina Junetty Br Manurung
Keywords: kemampuan penalaran matematis, pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik di kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan instrumen tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 UPT SMP Negeri 7 Medan dengan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi teorema Pythagoras menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan analisis data kemampuan penalaran matematis peserta didik pada siklus I diperoleh persentase secara individu sebesar 67%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase secara individu sebesar 82% dengan peningkatan persentase sebesar 15% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh persentase klasikal sebesar 45,45% (nilai ≥ 75). Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase klasikal sebesar 84,84% (nilai ≥ 75). Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kategori sangat aktif. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan T.P. 2021/2022”

References

Apriliana, D. (2014). Penerapan Strategi Paikem Dalam Meningkatkan Kreativitas Karya Ilustrasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII D SMPN 1 Turi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Khoiriyah, N., Hidayat, A., & Fadhilaturrahmi, F. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 133–137.
Panjaitan, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Dengan Pembelajaran Kontekstual Humanistik. Sepren, 1(02), 68–77.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Rustiyarso, T. W. (2015). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah.
Satori, D., & Komariah, Aa. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Solihat, T. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa SMK Dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Materi Program Linear. Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Yatabri, Y. F. . (2020). Pengaruh Penerapan Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP/MTs. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Published
2022-10-20