Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Segitiga Di Kelas VII SMP Methodist 9 Medan T.A. 2021/2022

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Swita Ayu Simbolon
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Methodist 9 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di kelas VII SMP Methodist 9 Medan. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Instrumen penelitian ini observasi dan tes. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang dilaksanakan diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 91,18% dalam kategori sangat aktif, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 85% siswa memperoleh persentase penilaian hasil ≥ 65, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban benar siswa ≥ 65, terdapat pertambahan rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada siklus I yaitu 63,38% dan siklus II yaitu 79,41%. Hal ini berarti pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Methodist 9 Medan T.A 2021/2022.

References

Amri, S. (2017). Pengembangan Model dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Hanifa, N. (2017). Memahami Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasinya. Bandung: UpiPress.
M, S. (2014). TPS (Think-Pair-Share): An Active Learning Strategy to Teach Theory of Computation Course. Jurnal Of Education Research and Technology, 5(4), 62.
Panjaitan, S. &. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Yang Menggunakan Strategi Inkuiri Jurisprudensial Berbantuan LKS Dengan Menggunakan strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP UHN, 2(1), 1-7.
Putri, J. F. (2016). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Snowball Throwing Di Kelas VII SMP 3 Medan TA 2016/2017. Medan: UNIMED.
Siahaan, F. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quis Team Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP UHN, 1(1), 37-47.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 8(3).
Suyatno. (2009 ). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Published
2022-10-20