Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI SMA Gajah Mada Medan

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Lasma Warni Tambunan
Keywords: Lembar kerja peserta didik, Problem based learning, Validitas, keefektifan, kepraktisan

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang valid, efektif, dan praktis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan oleh Sugiyono yang terdiri dari tujuh langkah yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengunpulkan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk dan 7) Revisi Produk. Instrumen penilaian produk yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: lembar validasi, lembar kepraktisan dan lembar keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD menggunakan model pembelajaran PBL valid dengan memperoleh nilai rata-rata validasi dari ahli materi sebesar 92,2% dan nilai rata-rata validasi dari ahli media sebesar 93,8% dengan kategori sangat valid. Penilaian respon peserta didik terhadap kepraktisan LKPD sebesar 86,5% dengan kategori sangat praktis dan tahap uji atau tes akhir peserta didik sebagai respon terhadap keefektifan LKPD sebesar 85% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan menggunakan model pembelajaran PBL yang dikembangkan oleh peneliti telah layak digunakan dalam membantu proses pembelajaran pada materi barisan dan deret aritmatika.

References

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Dwimardianti, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Koodinat Krtesius Kelas VIII SMP. https://repository.unja.ac.id/19102/1/A1C216050_HATRI DWIMARDIANTI %281%29.pdf
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204/953
Hartati, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMA Dalam Memahami Materi Barisan dan Deret. Supermat Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 85–95. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/SM/article/view/728
Ndole, T., & Ana, M. (2021). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32–41. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.885
Putri, R. A., Damris, & Marzal, J. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Solving Berbantuan Robocompass Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.355
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1
Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Genta Mulia, 11(1), 65–79. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/394/343
Published
2022-10-20