Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Barisan Aritmatika Kelas XI SMA Negeri 1 Berandan Barat T.P. 2021/2022

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Ernita Br Lumban Tobing
  • Juli Antasari Sinaga
Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan berfikir kritis

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang meneliti tentang pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dilakukan di SMA Negeri 1 Berandan Barat dengan sampel kelas XI sebanyak satu kelas diambil secara acak (random). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis peserta didik berbentuk essay yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dan lembar observasi peserta didik. Dari hasil perhitungan data observasi diperoleh harga Lhitung > Ltabel = 0,22694 dengan sig 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa data observasi berasal dari populasi yang berdistribusi tidak normal. Dari hasil perhitungan uji normalitas data kemampuan berpikir kritis diperoleh harga Lhitung > Ltabel = 0,17567 dengan sig 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi tidak normal. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi pangkat sehingga di dapat |rhitung| = 0,0474 < rtabel = 0,330 dengan sig 0,05. Maka dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi barisan dan deret aritmatika kelas XI IPA SMA Negeri 1 Berandan Barat.

References

Ariska, T. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V pada Materi KPK dan FPB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.24014/ejpe.v3i1.9674

Chanifah, M., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 163–168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.96

Djawa, Y. L., Taunu, E. S. H., Wulandari, M. R., Nuhamara, Y. T. I., Bima, S. A., & Ndakularak, I. L. (2022). Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Himpunan. 3(1), 116–122. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1483

Ndole, T., & Ana, M. (2021). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 4(1), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.885

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementaray Education, 2(2), 5–10.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Published
2022-10-20