Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Program For International Student Assesment(PISA) Konten Quantitiy Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Bahtiar Girsang
Keywords: kemampuan berfikir kritis, soal pisa, konten quantity

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 16 orang dan sampel sebanyak 16 orang yang diambil dengan teknik purposivesampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes bentuk uraian dan wawancara.Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa subjek tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik.Subjek sedang memiliki kemampuan berpikir kritis yang kurang baik.Subjek rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang tidak baik.

References

Agnafia DN. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biol dan Pembelajaran.http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369.
Anisah A, Zulkardi Z, Darmawijoyo D. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika.https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.333.
Arikunto, S. ( 2012). Dasar-dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bidasari F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang.https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.59
Fahrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Takfir. vol.11:hal. 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Farida RN, Swasono R. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change andRelationship. Jurnal Pendidikan Matematika. .https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972
Hafizah, Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa.
Kamilah S, Awalludin SA. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Autistik Berat Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/823/426
Pane A, Dasopang MD. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu- Ilmu Keislaman.https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Putra YY, Zulkardi Z, Hartono Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 Menggunakan Konteks Lampung. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif.https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4832
Rachamatika T, Sumantri S, Purwanto A, Wicaksono JW, Arif A, Iasha V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN di Jakarta Timur. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162
Ridzkiyah N, Effendi KNS. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program For International Student Assessment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237
Rosmalinda N, Syahbana A, Nopriyanti TD. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe PISA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Sitohang J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora . http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/4851
Sudijono, Anas. (2011). Evaluasi Pendidikan.Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Sugiyono.(2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-10-20