Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.A 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.A 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta lembar observasi siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk komunikasi matematis peserta didik : . Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh = 0,404464. Dengan = 0,404464 diketahui keeratan hubungan model Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik memiliki hubungan yang sedang. Sedangkan pada koefisien determinasi ini diperoleh hasil perhitungan yakni r = % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor lain. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi,dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mempunyai hubungan % antara model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Gajah Mada Medan. Sehinggga diharapkan model Pembelajaran Two Stay Two Stray ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.
References
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman. 6(20), 12–22.
Awal, K. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ( TSTS ) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Telekomunikasi. 2(2), 155–164.
Erita, S. (2018). Beberapa Model, Pendekatan, Strategi, Dan Metode Dalam Pembelajaran Matematika Oleh: Selvia Erita. 1–13.
Hayati, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Aspek Afektif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Semester III Kelas A Pagi Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara T. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 52–73. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.727
Hodiyanto. (n.d.). Kemampuan Komuni1kasi Matematis Dalam Pembelajaran Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPATEK IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No 8 Pontianak , Kalimantan Barat AdMathEdu | Vol . 7 No . 1 | Juni 2017 Kemampuan « Hodiyanto ) Pendahuluan Manusia ad. 7(1).
Manik, E. (2014). Pengaruh Instruktur Terhadap Peningkatan Nilai Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru Efron Manik Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen. 1(September), 47.
Mimanda, S., & Dwina, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman. 8(4), 40–44.
Panjaitan, S., & Manik, E. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Strategi Inkuiri Jurisprudensial Berbantuan LKS Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran …. In FKIP Universitas HKBP Nommensen ….
Siahaan, D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quis Team Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Suluh Pendidikan, 1(061), 38.
Sihombing, D. I. (2018). Analisa Kemampuan Dasar Matematis Berdasarkan Skala Assist Dengan Pendekatan Pembelajaran Yang Berbeda Untuk Mempersiapkan Calon Guru Profesional Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Suluh Pendidikan, 5, 1–8. https://uhn.ac.id/jsp
Situmorang, A. S., & Gultom, S. P. (2018). Desain Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP UHN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 24(2).
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Agora, 5(1), 1–7. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/5227
Yahya, A. A., & Sufitriono, S. (2020). Pembelajaran Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa SMPN 2 Mare Kabupaten Bone. Jendela Olahraga, 5(1), 1. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4179
Yeni, E. M., & Almuslim, U. (2015). JUPENDAS , ISSN 2355-3650 , Vol . 2 , No . 2 , September 2015. 2(2), 1–10.
Yuniarti, Y., & Pendahuluan, A. (2013). Pengembangan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. c, 109–114.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.