Model Pembelajaran CTL Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP Adhyaksa
Abstract
Mengenal seberapa besar akibat dari model pembelajaran contextual taching and learning (CTL) terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas 7 SMP Adhyaksa Medan merupakan arah dari penelitian ini. Bentuk penelitian yang saya gunakan yaitu quasi experiment dengan populasi penelitian semua peserta didik kelas VII. Dalam penelitian sampel yang digunakan hanya satu kelas (n = 33). Metode pengutipan sampel yang dipakai pada penelitian ini memakai metode total sampling. Perhitungan analisa data menggunakan persamaan regresi. Penelitian ini akan membuktikan sesungguhnya pembelajaran dengan model CTL bagus diterapkan terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas 7 SMP Adhyaksa Medan T.P 2021/2022.
References
Pangesti, Fitraning Tyas Puji.( 2018) “Menumbuh kembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots.” Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, vol. 5, no. 9, , pp. 566–75, http://idealmathedu.p4tkmatematika.org.
Sari, Pita Nirmala, (2021). “Penerapan Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Math) Untuk Penguatan Literasi-Numerasi Siswa.” Jurnal Abdimas Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 89–96, https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.90.
Sibuea, Devi Anisa, (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis.” Journal of Mathematics Education and Applied, vol. 02, no. 01, pp. 60–67.
Situmorang, Adi Suarman, and Sanggam P. Gultom.( 2018) “Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Uhn.” Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, vol. 6, no. 20, pp. 95–105.
Situmorang, Adi Suarman, and Lena Rosdiana Pangaribuan.( 2018) “Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Uhn.” JURNAL Suluh Pendidikan FKIP-UHN, pp. 33–45.
Widiastuti, Elok Rintarti, and Meyta Dwi Kurniasih.( 2021)“Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 1687–99.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.