Efektivitas Model Pembelajaran Microlearning Berbantu Video Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Dini Hari Sinaga
Keywords: Model Pembelajaran, Microlearning, Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Microlearning berbantu video terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 dan kelas VII-3. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,004 ( 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata = 76. Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata = 50,66. Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan efektif antara model pembelajaran Microlearning berbantu video terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran Microlearninglebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023.

References

Ariantini, S. Tegeh. 2019. “Pengembangan Animasi Pembelajaran Berbasis Microlearning Pada Kelas III Sekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 7(1): 23-32.
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204-214.
Mohammad, Zul Fadli. 2021. “Implementasi Model Learning Cycle5E Berbantu Media Video Pembelajaran Di Kelas Online”. Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. Vol 8(1)
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.
Nugrah, Hafsa., Dkk. 2021.“Microlearning Sebagai Upaya Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Pada Proses Pembelajaran”.Jinotep (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran). Vol. 8(1): 225-236.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.
Utami, Ratna dan Wutsqa. 2017. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Eefficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 4(2): 166- 175.
Published
2022-10-20