Efektivitas Model Pembelajaran Microlearning Berbantu Video Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Microlearning berbantu video terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 dan kelas VII-3. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,004 ( 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata = 76. Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata = 50,66. Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan efektif antara model pembelajaran Microlearning berbantu video terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran Microlearninglebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023.
References
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204-214.
Mohammad, Zul Fadli. 2021. “Implementasi Model Learning Cycle5E Berbantu Media Video Pembelajaran Di Kelas Online”. Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. Vol 8(1)
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.
Nugrah, Hafsa., Dkk. 2021.“Microlearning Sebagai Upaya Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Pada Proses Pembelajaran”.Jinotep (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran). Vol. 8(1): 225-236.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.
Utami, Ratna dan Wutsqa. 2017. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Eefficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 4(2): 166- 175.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.