PENGEMBANGAN MODUL OPERASI ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 37 MEDAN

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Esra Betharia Situngkir
Keywords: modul pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah, operasi aljabar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan bahan ajar materi Operasi Aljabar dengan Modul pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), penelitian ini mendesain modul pembelajaran dan pemberian tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Penilaian Oleh ahli materi, ahli desain, angket tanggapan guru dan siswa dan tes kemampuan pemecahan matematis siswa. Setelah modul dibuat maka modul pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain pembelajaran hingga media pembeljaran dinyatakan layak untuk diujicobakan. Uji coba dilakukan dengaan meminta tanggapan dari guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Selanjutnya modul pembelajaran tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada kelas VII di SMP Negeri 37 Medan. Dari hasil post-test yang dilakukan pada kegiatan akhir pembelajaran diperoleh 82%, nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Dan hasil analisis dari angket persepsi siswa menunjukkan kategori “sangat praktis”. Ini artinya modul pembelajaran yang dibuat sudah menjawab rumusan masalah, sehingga modul pembelajaran ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP khususnya pada pembelajaran materi operasi aljabar.

References

Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan nilai-nilai Pancasila dalam membangun kepribadian masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01), 121-138.
Badawi, A. I., & Qaddafi, M. (2015). Efektivitas penggunaan modul berbasis lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 28 Bulukumba. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(2), 110-114.
Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan “instalasi jaringan lan (local area network)” untuk siswa kelas xi jurusan teknik komputer jaringan di smk nengeri 1 labang bangkalan madura. Jurnal Unesa, 1(01), 1-9.
Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 2(3), 320-325.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1).
Shodikin, A. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui strategi abduktif-deduktif pada pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 101-110.
Silalahi, T., & Sitanggang, G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Materi Taksonomi Tujuan Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 8(2), 188-199.
Zaini, H. (2015). Karakteristik kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 15-31.
Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 31-38.
Published
2022-10-20