Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Adhyaksa Medan pada materi aritmatika sosial. Penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen tes adalah yang digunakan pada penelitian ini.. Dengan populasi sekaligus sampel yang digunakan yaitu seluruh peserta didik yang berjumlah 33 orang di kelas VII SMP Adhyaksa Medan. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial menunjukkan bahwa; (1) kemampuan dalam mengindentifikasi apa yang ditanya dan diketahui diperoleh (17%), (2) kemampuan dalam membuat pemisalan matematika dari masalah yang ditemui diperoleh (33%), (3) kemampuan dalam menentukan dan menerapkan rumus yang sesuai untuk menyelesaikan masalah matematika diperoleh (42%), (4) kemampuan dalam merumuskan hasil diperoleh (8%). Dan hasil analisis berdasarkan nilai peserta didik dikelompokkan antara (35-59) dengan kriteria kemampuan rendah merupakan nilai yang paling banyak diperoleh peserta didik yaitu sebanyak 12 orang peserta didik atau sebesar 37%. Berpedoman terhadap hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Adhyaksa Medan pada materi Aritmatika Sosial dominan pada kriteria “Rendah”.
References
Darmawan, Dani. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung, Indonesia : PT Remaja Rosdakarya.
Nugrahani, Farida (2014). “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia. UNS Press. Surakarta.
Tambunan, Hardi.(2020) “Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Heuristik.” Jurnal Sepren Vol 1. No.2. p 28-33.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.