Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Andris Ompusunggu
Keywords: Analisis, Kemampuan, Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Adhyaksa Medan pada materi aritmatika sosial. Penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen tes adalah yang digunakan pada penelitian ini.. Dengan populasi sekaligus sampel yang digunakan yaitu seluruh peserta didik yang berjumlah 33 orang di kelas VII SMP Adhyaksa Medan. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial menunjukkan bahwa; (1) kemampuan dalam mengindentifikasi apa yang ditanya dan diketahui diperoleh (17%), (2) kemampuan dalam membuat pemisalan matematika dari masalah yang ditemui diperoleh (33%), (3) kemampuan dalam menentukan dan menerapkan rumus yang sesuai untuk menyelesaikan masalah matematika diperoleh (42%), (4) kemampuan dalam merumuskan hasil diperoleh (8%). Dan hasil analisis berdasarkan nilai peserta didik dikelompokkan antara (35-59) dengan kriteria kemampuan rendah merupakan nilai yang paling banyak diperoleh peserta didik yaitu sebanyak 12 orang peserta didik atau sebesar 37%. Berpedoman terhadap hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Adhyaksa Medan pada materi Aritmatika Sosial dominan pada kriteria “Rendah”.

References

Andayani, Fitrie, and Adiska Nadiyah Lathifah (2019). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 No.1.pp: 1-10
Darmawan, Dani. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung, Indonesia : PT Remaja Rosdakarya.
Nugrahani, Farida (2014). “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia. UNS Press. Surakarta.
Tambunan, Hardi.(2020) “Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Heuristik.” Jurnal Sepren Vol 1. No.2. p 28-33.
Published
2022-10-20