Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Tarutung

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Desna Br Manalu
Keywords: Analisis, Kesulitan, Pemahaman Konsep, Aritmatika Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan pemahaman konsep yang dialami oleh peserta didik pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Tarutung I. Berdasarkan olahan data, diperoleh bahwa subjek dengan tingkat pemahaman konsep tinggi memiliki kesulitan saat menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, subjek kurang teliti saat melakukan perhitungan mengerjakan soal tes. Subjek dengan tingkat pemahaman konsep sedang memiliki kesulitan saat mengaplikasikan algoritma pemecahan masalah yang tepat pada permasalahan yang disajikan dan kesulitan dalam menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis saat mengerjakan soal dengan perhitungan dalam bentuk pecahan biasa maupun persen. Subjek dengan tingkat pemahaman konsep rendah kesulitan mengaplikasikan algoritma pemecahan masalah matematika, kesulitan saat mengaplikasikan rumus yang tepat saat mengerjakan soal berbentuk pecahan biasa dan persen serta kesulitan dalam menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, subjek kesulitan menyelesaikan soal dengan benar karena terfokus pada contoh yang sudah pernah dipelajarinya saja. Dari hasil olahan data tersebut, menunjukkan bahwa tingkat kesulitan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tarutung dalam pemahaman konsep matematika pada materi aritmatika sosial memiliki kesulitan tingkat tinggi.

References

Darma, I. N., Sadra, I. W., & Sariyasa. (2013). Pengaruh Pendidikan Matematika Terhadap Pemahaman Konsep dan Daya Matematika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Nasional Plus Jembatan Budaya. Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Penddikan Ganesha, 2(1), 1–10.
Panjaitan, S. M. (2016). Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP NOMMENSEN T.A. 2015/2016. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 3(2), 203–211.
Putri, P. M. (2012). Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing. Padma. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 3–6.
Ruben, I. F., & Desfitri, R. (n.d.). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2).
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10.
Published
2022-10-20