Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Swasta Imelda Medan

  • nicomse nicomse UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Nila Fatma Aruan
Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan. Sampelnya adalah siswa kelas VII-B yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan test. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu = -38,0707 + 1,3016X. Hasil uji kelinearan regresi yaitu Fhitung < Ftabel atau 0,40 < 2,79. Ini berarti Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linier antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hasil uji keberartian regresi yaitu Fhitung Ftabel atau 41,74 4,32, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Dan besarnya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa adalah 66,5%.

References

Brinus, Kristianti S.W, dkk. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP”. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 8 (2): hal. 261-272.
Fajar, Ayu Putri, dkk. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9 (2) : hlm. 229-239.
Gultom, Sanggam P. 2019. “Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika”. Jurnal Stindo Profesional. Vol 5 (6). hal. 135-144.
Istikomah, Dhian Arista, & Padrul Jana. 2018. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Perkuliahan Aljabar Matriks”. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Lubis, Effi Aswita. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publishing.
Mawaddah, S., & R. Maryanti. 2016. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning)”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 (1): hal. 76-85.
Ompusunggu, Kartini Dewi Vera. 2014. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing”. Jurnal Saintech. Vol. 6 (4): hal. 93-105.
Pangaribuan, L.R., Efron Manik. 2018. “Pengaruh Bahan Ajar Yang Dirancang Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa UHN”. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN. Volume-5, Edisi-1,hlm. 55-64.
Pangaribuan, F., Sinaga, J. A. B., dan Herman. 2021. “Desain Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Konsep Pembagian Pecahan di SD Negeri 095173 Sihemun”. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education). Vol 1(1): hal. 69-76.
Panjaitan, Simon. 2016. “Metode Pembelajaran Survet, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Matematika di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan T.A. 2015/2016”. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN. Vol 3 (2). hal. 203-211.
Putriyani, Kiki, Aisyah.,& Hasan B.S. 2018. “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII MTSN Olak Kemang Kota Jambi”. Jurnal Ilmiah Dikdaya. Vol 8 (1). hlm. 167-176.
Rusyda, Nurul Afifah & Dwi Septina Sari. 2017. “Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Garis dan Sudut”. JNPM : Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1 (1) : hlm.150-162.
Safitri, Ikhsan dan Susanti. 2020. “Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol. 4 (1) : hal. 50-66.
Sapta, Andy. 2018. “Penerapan Model CTL Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika”. Seminar Nasional Royal (SENAR). Vol 1 (1). hlm. 657-660.
Siahaan, F.B., & L.R. Pangaribuan. 2016. “Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Strategi Poster Session Pada Matakuliah Kapita Selekta Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan. Vol 2 (2). hlm. 18-27.
Sihombing, Susi.,dkk. 2021. “Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan”. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education. Vol. 4 (1). hal. 41-55.
Situmorang, A.S. 2016. “Efektivitas Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen”. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN. Vol 3 (2) : hlm. 109-119.
Ulfia, Ressa Desy. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Kelas VII SMPN 1 Nganjuk”. Artikel Skripsi Pendidikan Matematika : Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol 1 (8) : hal. 1-9.
Published
2022-10-20